Your Ad Here

Friday, August 22, 2008

Menguatnya Data Ekonomi Eropa dan Proses Pemulihan

Image(Jumat, 22/08/2008) Data ekonomi yang dirilis kemarin sepertinya bertolak belakang dari publikasi Eropa terakhir, terutama rilis GDP Q2 bagi zona euro.

Sudah terbukti bahwa perlambatan terjadi (zona euro berkontraksi 0.2% q/q), tetapi masih membingungkan apakah ini merupakan perlambatan ekonomi yang tajam atau hanya koreksi yang bersifat sementara. Data PMI zona euro untuk bulan Agustus sedikit lebih baik dari ekspektasi yakni 48.0 (konsensus di 47.7), dimana indikator manufaktur dan jasa sedikit lebih tinggi dari prediksi. Tekanan harga juga berkurang, seperti yang terlihat pada indeks harga barang input yang turun dari periode sebelumnya. Satu-satunya kabar buruk datang dari sektor tenaga kerja, dimana partisipasi angkatan kerja terendah sejak Februari 2004.

Rilis data ekonomi lainnnya bagi zona euro juga tidak begitu menggembirakan. Kondisi ekonomi saat ini cukup membingungkan mengingat sedang berlangsungnya periode perlambatan. Terlebih lagi data manufaktur dan jasa yang berada di bawah ambang batas 50 menyiratkan bhwa dua sektor utama di perekonomian masih dalam kondisi resesi. Oleh sebab itu, kita harus berhati-hati menerjemahkan rilis data terakhir sebagai indikasi proses pemulihan ekonomi Eropa, meskipun harga komoditas yang rendah mengurangi tekanan terhadap pertumbuhan ekonomi dan inflasi.

0 comments:

Your Ad Here